Tentang Geogebra

Tentang Geogebra
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori :

Tentang Geogebra

Geogebra adalah perangkat lunak matematika dinamis yang dapat digunakan untuk segala tingkatan pendidikan yang terkait dengan geometri , aljabar dan kalkulus. Geogebra memberikan representasi objek matematika dalam grafik dan aljabar yang saling terhubung secara dinamis. Bekerja dengan Geogebra melalui beberapa tindakan aktif melalui simbolik aljabar dan/atau ikonik melalui gambar dan simbol.

Geogebra diciptakan oleh Markus Hohenwarter yang saat ini dikembangkan secara freeware atau gratis. Geogebra dapat di unduh melalui link www.Geogebra.org/download. Geogebra memiliki sistem operasi multi-platform sehingga dapat terinstal dibeberapa versi seperti windows, android/tablet dan MAC OS. Dengan keluwesan dan kedinamisan aplikasi ini telah banyak mendapat penghargaan software pendidikan khususnya matematika di Eropa dan Amerika. Dan tetap dapat digunakan secara gratis oleh pengguna di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Geogebra hadir sebagai software atau aplikasi matematika yang memungkinkan pengguna untuk terlibat langsung membuat objek matematika dengan memanipulasi persamaan kurva dan koordinat. Dengan demikian pengguna dengan mudah melakukan plot fungsi, menggeser titik dan garis untuk menyelidiki parameter, menentukan turunan, memberikan nilai dan menggunakan beberapa perintah operator matematika. Dengan adanya menu slider, Geogebra sebagai software matematika yang sangat dinamis, karena pengguna dapat dengan langsung menanipulasi kurva dan menyelediki perubahan objek matematika.

Dengan hadirnya Geogebra sebagai software khusus matematika diharapkan mampu memberikan pengetahuan serta pemahaman tambahan bagi semua kalangan yang sedang menggeluti pelajaran matematika. Sehingga dipandang perlu untuk memberikan visualisasi objek matematika untuk mengetahui dan menyelediki beberapa teori yang telah ada. Dari beberapa penelusuran penulis mengenai pemanfaatan Geogebra sudah banyak digunakan sebagai media pembelajaran matematika melalui proses pembuatan karya ilmiah / skripsi. Beberapa contoh hasil penelitian diantaranya;

1.  Penelitian yang dilakukan oleh (Supriatin, 2013) berjudul: Peningkatan Penguasaan Materi Grafik Fungsi Trigonometri melalui Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra pada Siswa Bilingual SMAN 10 Malang. Hasil Penerapan pembelajaran berbantuan Geogebra dalam ketegori baik dengan skor 3,64 dari skor maksimal 4,0 dan respon siswa dalam kategori baik 3,25 dari skor maksimum 4.

2.  Penelitian yang dilakukan oleh (Wicaksono, 2014) berjudul: Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Menggunakan Media Bantu Geogebra Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII A SMP Pangudi Luhur Wedi Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini termasuk dalam kategori baik ditunjukan lebih banyak siswa yang nilai standar KKM.

3.  Penelitian yang dilakukan oleh (Simanjuntak) berjudul: Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Lingkaran Di Kelas XI SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 0,80 dan kelas kontrol sebesar 0,67.

4.  Penelitian yang dilakukan oleh (Siswanto) berjudul: Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen Di SMAN 1 Cikulur Lebak Provinsi Banten). Hasil penelitian terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra.

Penggunaan Geogebra sebagai media pembelajaran matematika ternyata  sudah cukup mampu menambah pengetahuan matematika seseorang khususnya siswa dan mahasiswa.  Sehingga dapat dikatakan Geogebra sebagai media alternatif  matematika untuk memvisualisasikan sekaligus menyelidiki perubahan geometri, aljabar dan kalkulus .

Terima kasih

0 Response to "Tentang Geogebra"

Posting Komentar